Powered by Blogger.
Home » , , » catatan penting thn 50an peristiwa di indonesia

catatan penting thn 50an peristiwa di indonesia

Pada tanggal 28 desmber 1950 sukarno memulai tugas sebagai presiden republik Indonesia serikat (RIS). Republik Indonesia serikat ni adalah buah hasil konfrensi meja bundar (KMB). Dalam pemerintahan RIS  presiden sukarno hanya memperoleh tugas sebagai kepala Negara. Tugas pemerintah dijalankan oleh perdana mentri. Pembagian tugas in diatur dalam UUD RIS. 7 hari setelah pemerintahan RIS mulai berkerja atau tepatnya tanggal 4 januari 1950 sudah ada rapat besar di mojokerto yang mengatakan tidak mengakuinya Negara jawa timur. Tempat mojokerto tempat dimana sukarno dilahrikan mengatkan bahwa meraka masuk kedalam Negara republik Indonesia. Rapat ini mejadi rapat awal dari rapat-rapat serupa yang di adakan di daerah lain di Indonesia pada saat itu dan kemudan terjailah beberapak peristiwa pada tahun 1950. Pada masa ini Indonesia di uji kemampuannya dalam mengahadapi berbagai gangguan dan hambatan yang berasal dari dalam negeri sendiri.

 

1.      Peristiwa APARA ( bandung) 23 jauari 1950

Hasil keputusaj KMB menyatakan bahwa KNIL dibubarkan dan selanjutnya bekas anggota KNIL yang masih berkeinginan menjadi naggota angkatan perang di wajibkan bergabung dengan angkatan perang republic Indonesia (APRIS). Namun dalam kenyataannya, pembentukan APRIS telah menimbulkan ketegangan – ketegangan yang berakhir dengan pertumpahan darah. Di kalangan TNI sendiri ada keengganan bergabung dengan bekas KNIL. Sebaliknya bekas anggota KNIL agar kesatuan-kesatuannya ditetapkan sebagai angkatan perang negar bagian.

Di bandung bekas anggota KNIL yang tidak mau bergabung dengan APRIS membentuk organisasi angkatan perang ratu adil (APRA) yang di pimpin Raymond wasterling, (bekas perwira belanda). APRA menuntut kepada pemerintahan ris untuk menjadikan APRA sebagai tentara pasundan dan menolak dibubarkannya Negara pasundan. Namun tuntutan itu dihiraukan oleh pemetintahan RIS.

Karena tuntutannya dihiraukan, maka pada 23 januari 1950 APRA melancarkan serangan kepada TNI yang ada d kota bandung, setiap anggota TNI yang di jupai sejak serangan dimulai pada pagi buta maka anggota TNI itu akan dibunuh. Dlam penyerangan itu APRA berhasil menduduki markas staf divisi siliwangi setalah membunuh 15 regu jaga dan berhasil mennguasai kota bandung beberapa jam, karena pemerintah RIS mengirim bantuan ke bandung untuk menanggulangi APRA.

2.      Peritiwa andi azis di makasar

Gangguan keamanan di makasar di lakukan oleh andi azis bekas tentara KNIL dan para pengikutnya. Meraka melakukan pemberontakan terhadap pemerintah pada 5 april 1950. Andi azis melakukan serangan setelah sebelumnya di angkat sebagai komandan kompi dengan pangkat kapten di APRIS. Pada saat penyeranagn di makasar pasukan TNI tidak banyak sehingga dengan mudah andi azis menguasai makasar.

Setalah menguasai makasar andi azis mengatakan bahwa Negara Indonesia timur harus di pertahankan. Andi azis menuntut agar pasukan APRIS bekas KNIL diberi kekuasaan untuk bertanggung jawab atas keamanan di wilayah Indonesia timur.

Pada 8 april pemerintah mengeluarkan ultimatum agar andi azis dating kejakarta dan mepertanggung jawabkan perbuatannya dalam tempo 4×24 jam. Namun hal ini tidak di patuhi oleh andi azis. Lalu kemudia pemerintah pusat mendatangka bantuan pasukan yang di pimpin oleh colonel alex kawilarang, hingga pada 15 april andi azis terpaksa berangkat kejakarta untuk menyerahkan diri.

3.      Peristiwa RMS (Maluku) 25 april 1950

Republik Maluku selatan (RMS) didirikan oleh Dr. soumokil dia adalah bekas jaksa agung Negara Indonesia timur, RMS ini didirikan pada 25 april 1950 di ambon. Gerakan ini memiliki alasan yang sama dengan APRA dan Andi Azis. Gerakan ini berhasi di tumpas namun pada tahun 1950 pemimpin RMS tidak berhasi di tangkap dan pada tanggal 12 desember 1963 Soumokil berhasil di tangkap dan kemudia di baw ke Jakarta dan di adili di pengadilan militer kemudia di jatuhi hukuman mati.

4.      Republik Indonesia serikat bubar

Pada tanggal 15 agustus 1950, didepan siding senat RIS dan DPRS, presiden sukarno mengumumkan terbentuknya negar kesatuan republik Indonesia dan pada hari yang samapresiden sukarno menerima jabatnnya kembali sebagai presiden republic Indonesia dari Mr. asaat yang memangku jabatan sementara presiden republik Indonesia lau kemudia perdana mentri RIS megundurkan diri, dan dengan demikian berakhirlah republik Indonesia serikat. Keputusan Indonesia ini kembali menjadi NKRI (negara kesatuamn republik Indonesia) telah disetujui oleh komite nasional indonesia pusat (KNIP) yang dibentuk karena keseoakatan anatara pemerintah RIS (Berpusat Di Jakarta) dan RI (berpusat di Jogjakarta), tugas KNIP ini adalah meyusun UUDS  (undang undang dasar sementara agar Indonesia nesia ini hanya 1 yaitu NKRI dan hingga akhirya UUDS itu disetujui oleh KNIP setelah sebelumnya ris mengesahkan rancangan UUDS tersbut dan kemudian 2 hari sebelum indonesia memperingati hari proklamasi kemerdekaannya republik Indonesia serikat resmi di bubarkan dan Negara kesatuan republik Indonesia  tanggal 17 agustus 1950 sukarno dalam pidatonya mengatakan perlu adanya semnagat prokalamasi untuk, “membentuk dan membangun Negara dari ketiadaan, dari kenihilan.” Ketiadaan dan kenihilan janganlah dijadikan momok, jalankanlah pemerintahan oleh bangsa Indonesia sendiri apa adanya sambil diperbaiki.

Sumber            : Karya Darmawan MM “Sukarno Bapak Bangsa Indonesia”

Share this article :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. mediaNet - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger