Powered by Blogger.
Home » , » Mengenal Badak Jawa

Mengenal Badak Jawa

MENGAPA BADAK JAWA PERLU DILESTARIKAN ?

Badak Jawa merupakan spesies paling langka diantara lima spesies badak yang ada di dunia. Saat ini keberadaannya menjadi prioritas untuk dilestarikan. Ada beberapa pendekatan yang menjadi alasan mengapa badak jawa tersebut perlu dilestarikan, mulai dari pendekatan religi, filosofis, politik, ekologi, sosial ekonomi dan juga IPTEK.

Pendekatan Religi
Sebagai khalifah (pemimpin) di muka bumi ini, manusia mempunyai kewajiban untuk memelihara alam beserta segala isinya,  karena “ Allah tidak menciptakan langit dan  bumi dan apa yang ada diantara keduanya dengan sia-sia” (Alqur’an Surat Shad ayat 27).  Badak Jawa adalah makhluk ciptaan Allah yang pasti diciptakan dengan tidak sia-sia.

Pendekatan Filosofis
Dengan jumlah yang relative kecil dan hanya berada pada satu habitat (Semenanjung Ujung Kulon),  Badak Jawa rentan terhadap bahaya kepunahan.  Oleh sebab itu, menjadi tanggung jawab generasi saat ini menjaga dan melestarikannya, untuk diwariskan kepada generasi penerusnya.

Pendekatan Politik
Saat ini Badak Jawa hanya terdapat di  Indonesia dan tidak terdapat di negara lain. Keberhasilan melestarikan Badak Jawa akan meningkatkan martabat bangsa Indonesia dalam komunitas Internasional  sebagai bangsa yang memiliki komitmen dalam  melestarikan  keanekaragaman hayati dan memelihara ekosistem global.

Pendekatan Ekologi
Badak Jawa merupakan  salah satu unsur penyusun ekosistem, hilangnya Badak Jawa dari habitat alaminya akan menyebabkan keseimbangan ekosistem alam  tersebut  terganggu,  sehingga terbentuk keseimbangan baru..

Pendekatan Sosial -Ekonomi
Badak Jawa menjadi “Icon ekowisata“ Taman Nasional Ujung Kulon.  Berkembangnya ekowisata di TNUK  khususnya dan Propinsi Banten pada umumnya,  akan   memberi dampak positif bagi terciptanya lapangan kerja, peningkatan pendapatan  masyarakat dan pembangunan wilayah.

Pendekatan IPTEK
Pada beberapa negara,  bagian tubuh Badak Jawa (khususnya cula)  digunakan sebagai bahan  dalam pengobatan dan kosmetik (oleh karena itu harga cula Badak Jawa dalam pasar gelap sangat menggiurkan para pemburu).  Melestarikan Badak Jawa, berarti mengawetkan sumberdaya genetik dari satwa langka tersebut yang dapat digunakan dalam pengembangan IPTEK di masa mendatang.
Dari uraian di atas sangatlah mudah dipahami mengapa kita perlu melestarikan Badak Jawa.
Badak Jawa  Hanya KITA  Yang Punya



sumber : Balai Taman Nasional Ujung Kulon
Share this article :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. mediaNet - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger