Powered by Blogger.
Home » » Kerajinan Suku Baduy

Kerajinan Suku Baduy


 

Suku Baduy adalah salah satu suku yang sarat dengan kerajinan tangan. Kreativitas mereka tidak perlu lagi dipertanyakan, salah satunya hasil karya mereka yang berbentuk kain tenun, selendang, baju, celana, ikat kepala, sarung serta golok/parang,Koja dan Jarog (tas yang terbuat dari kulit kayu Teureup).

Produktivitas dari para perajin memang sangat baik. Hal ini dikarena peran serta dari pihak pemerintahan dalam memberikan bimbingan dan dorongan, seperti pembinaan atau pendidikan kewirausahaan.


Selain itu, pihak pemerintahan daerah juga melakukan promosi sehingga hasil kreasi Suku Baduy memiliki pasar yang luas.Ciri khas suku Baduy adalah masih kokohnya tradisi yang diwariskan oleh karuhun mereka. Salah satu tradisi yang masih bertahan adalah menenun dan cara berbusana. Oleh karena itu, ada yang beranggapan bahwa busana suku Baduy saat ini merupakan bentuk busana yang digunakan oleh masyarakat Jawa Barat pada masa silam.

Tenun baduy asli Banten mulai banyak digemari sebagai bahan baku fashion. Namun, kabar menggembirakan tersebut sekaligus memunculkan kekhawatiran bahwa hasil kerajinan asli Suku Baduy ini akan bakal ditiru orang lain bahkan dijiplak oleh bangsa lain.

Menurut Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Banten, yang bisa dilakukan untuk menghindari peniruan dan penjiplakan, yakni segera mendaftarkan karya tenun baduy Banten sebagai hak paten milik dan karya budaya asli Suku Baduy Banten.

Sebab, tenun baduy yang memiliki kekhasan unik baik dari segi bahan maupun warnanya, ternyata juga sudah pernah masuk ke pasar Eropa dan Timur Tengah. Konon dari hasil tenun yang terbuat dari benang kapas warna hitam atau hitam bergaris putih, dan tekstur kainnya yang kasar, justru membuat peminat merasa nyaman dan cocok dengan cuaca di Eropa dan Timur Tengah. - See more at: http://bandungnewsphoto.com
Share this article :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. mediaNet - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger