Powered by Blogger.
Home » , » Sekilas Danau Terindah di Indonesia

Sekilas Danau Terindah di Indonesia

Apa sih yang Indonesia ngga punya? Gunung banyak, laut dan pantai dimana-mana, hutan juga kaya, danau juga ngga kalah. Nah, kali ini Triphemat ingin mengulas beberapa danau cantik yang ada di Indonesia, dan pilihan Triphemat kali ini jatuh pada 10 danau di bawah ini. Simak ya!
Danau Labuan Cermin

danau labuan cermin

Seperti namanya, danau ini memang seperti cermin. Airnya jernih kebiruan. Uniknya, danau ini memiliki 2 jenis air, air tawar pada permukaannya dan air asin pada bagian dasarnya. Danau Labuan Cermin terletak di desa Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Danau Kelimutu

 

Tidak ada yang tidak indah di Provinsi NTT. Keindahan alamnya begitu melimpah, mulai dari laut, sampai gunung. Termasuk Danau Kelimutu yang ada di Gunung Kelimutu Flores, NTT. Danau Kelimutu terdiri dari tiga buah danau yang berbeda warna dan sering berubah-ubah warnanya. Gunung Kelimutu sendiri terletak di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Danau Toba

toba-lake

Danau Toba adalah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 km dan lebar 30 km yang terletak di Provinsi Sumatra Utara. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia tenggara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir.

Danau Sentani

danau-sentani

Danau Sentani berada di lereng Pegunungan Cagar Alam Cycloops. Danau ini terbentang di antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura dan merupakan danau terbesar di Papua. Sebanyak 21 pulau kecil terhampar menghiasi Danau Sentani. Pada pertengahan bulan Juni setiap tahunnya diadakan Festival Danau Sentani. Untuk mengelilingi danau, pengelola menyediakan perahu yang dapat disewa oleh wisatawan.

Danau Tondano

lake tondano danau north sulawesi utara

Danau Tondano adalah danau terluas di Sulawesi Utara. Diapit oleh Gunung Kaweng, Pegunungan Lambean, Bukit Tampusu, Gunung Masarang. Dan dilingkari oleh jalan provinsi yang menghubungkan Kota Tondano dengan Kecamatan Tondano Timur, Kecamatan Eris, Kecamatan Kakas, Kecamatan Remboken dan Kecamatan Tondano Selatan. Di danau ini terdapat dua pulau kecil bernama Pulau Likri dan Pulau Papalembet.

Danau Maninjau

danau maninjau

Danau Maninjau merupakan danau vulkanis yang berada di ketinggian 461,5 mdpl. Terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Danau ini merupakan sumber air Sungai Batang Sri Antokan yang alirannya menjadi sumber listrik PLTA Maninjau. Danau ini tercatat sebagai danau terluas kesebelas di Indonesia dan terluas kedua di Sumatera Barat setelah Danau Singkarak.

Danau Gunung Tujuh

DANAU-gunung-tujuh-3

Danau Gunung Tujuh adalah sebuah danau yang berada di kawasan Gunung Tujuh, sebuah gunung yang berada tepat di belakang Gunung Kerinci. Danau ini masih berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Dan sesuai namanya, danau ini memang dikelilingi oleh tujuh buah gunung, yaitu Gunung Hulu Tebo, Gunung Hulu Sangir, Gunung Madura Besi, Gunung Lumut, Gunung Selasih, Gunung Jar Panggang, dan Gunung Tujuh. Berada di ketinggian 1.950 mdpl, menjadikannya sebagai danau tertinggi di Asia Tenggara. Dibutuhkan 2 sampai tiga jam pendakian dari gerbang pos Taman Nasional Kerinci Seblat. Secara Administratif, danau ini masuk ke wilayah Desa Pelompek, Kecamatan Ayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Danau Segara Anak

danau segara anak

Adalah sebuah danau yang terletak di kaldera Gunung Rinjani. Secara administratif masuk ke wilayah Desa Sembalun Lawang, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Segara Anak berarti Anak Laut, hal ini didasari oleh warna air Danau Segara Anak yang sebiru laut. Dari danau ini terlihat Gunung Baru Jari yang merupakan gunung vulkanik, anak Gunung Rinjani. Didekatnya terdapat sumber mata air panas yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Danau Poso

danau poso

Danau Poso terletak di Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Berada di ketinggian 657 mdpl dan merupakan danau ketiga terbesar di Indonesia dengan panjang 32 km dan lebar 16 km. Danau ini memiliki pasir putih, mulai dari pantai sampai ke dasarnya. Di danau ini juga terdapat ikan langka yang hanya terdapat di Danau Poso dan terancam punah, yaitu Ikan Sugili.

Danau Paniai

Danau_Paniai

Danau Paniai terletak di Kabupaten Paniai, Papua. Berada di ketinggian +/- 1700 mdpl. Danau Paniai diakui keindahannya oleh 157 utusan dari 157 negara ketika berlangsungnya Konferensi Danau Se-Dunia yang diadakan di India pada 30 November 2007. Danau ini dapat dicapai dari Kota Enarotali, melalui jalur darat dengan menggunakan kendaraan yang mampu melewati medan terjal dan berkelok-kelok, dan melalui jalur udara dengan menumpang pesawat AMA dan AMAF jenis Cessna yang bisa mendarat di dataran tinggi.
Semua keindahan tersebut adalah pemberian dari Tuhan. Jika tidak kita jaga dan lestarikan belum tentu keindahan itu akan terus bertahan. Maka dari itu, yuk jaga bareng-bareng. Supaya keindahan danau-danau ini tetap bertahan dan anak cucu kita kelak bisa ikut menikmati keindahannya.
Sekian dari Triphemat. Selamat berpetualang! :’)

Sumber : berbagai sumber.

BILA ANDA BERMINAT  BERKUNJUNG KE TEMPAT-TEMPAT TERSEBUT KLIK DISINI
Share this article :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. mediaNet - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger