Powered by Blogger.
Home » » Tempat Ziarah di Cianjur

Tempat Ziarah di Cianjur


 

Makam Dalem Cikundul memiliki nilai historis yang begitu tinggi. Berdasarkan catatan sejarah, Presiden RI pertama Ir Soekarno pernah berziarah ke tempat ini.

Selain dikunjungi Presiden RI pertama Ir Soekarno, beberapa warga asing pun pernah berziarah ke Makam Dalem Cikundul. Berdasarkan data yang ada, sedikitnya wisatawan mancanegara dari 18 negara pernah berkunjung ke Cikundul.

"Wisatawan yang datang ada juga yang berasal dari Brunei Darussallam, Malaysia, Singapura dll" ujar juru kunci Makam Dalem Cikundul H.M Acep Hasbulloh, beberapa waktu lalu.

Sementara peziarah domestik mayoritas berasal dari luar wilayah Kabupaten Cianjur, seperti Depok, Bekasi, Bogor, dan sejumlah wilayah lainnya di Jawa Barat. Bahkan, tak jarang pula peziarah yang datang dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Situasi itu cukup membawa berkah bagi masyarakat sekitar untuk mencari rezeki. Selain mendirikan beberapa kios-kios untuk keperluan oleh-oleh para peziarah, masyarakat di sana pun membangun beberapa penginapan kelas melati yang dikhususkan bagi para peziarah yang berasal dari luar kota.

Makam Dalem Cikundul di Desa Cijagang Kecamatan Cikalongkulon merupakan lokasi dimakamkannya Bupati Cianjur pertama Raden Aria Wiratanudatar. Makam ini pun disebut-sebut sebagai titi mangsa lahirnya Kabupaten Cianjur. Dan setiap peringatan Hari Jadi Cianjur pun yang jatuh setiap tanggal 12 Juli, siapapun bupatinya, dipastikan selalu berziarah terlebih dahulu.

sumber : www.inilahkoran.com
Share this article :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. mediaNet - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger