Powered by Blogger.
Home » , » lima fakta kerusakan alam di indonesia

lima fakta kerusakan alam di indonesia

1. Lumpur Lapindo


2. Kerusakan Hutan di Indonesia Duduki Peringkat 3 Besar
Laju kerusakan hutan di Indonesia saat ini cukup tinggi dibanding negara-negara lain. Laju deforestasi hutan Indonesia mencapai 610.375,92 Ha per tahun dan tercatat sebagai tiga terbesar di dunia. Padahal hutan adalah bagian dari ekosistem yang mempunyai peran penting dalam kehidupan manusia. “Ekosistem hutan menyediakan berbagai barang dan jasa yang diperlukan oleh manusia dan fauna untuk kesinambungan hidup manusia kini dan di masa depan”, ungkap Menteri Kehutanan RI Zulkifli Hasan saat acara PESTA (Pesona Ta’aruf) yang diikuti oleh mahasiswa baru UII di Auditorium Kahar Muzakkir, kampus terpadu UII pada Selasa (3/9).
Beliau juga mengungkapkan bahwa pemanfaatan hutan secara eksploitatif tanpa upaya pelestarian justru mengancam kehidupan manusia sendiri pada jangka panjang.
Sementara itu Rektor UII Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec mengatakan bahwa Universitas Islam Indonesia (UII) sebagai institusi pendidikan berusaha ikut mendukung program pemerintah untuk memperbaiki kelestarian lingkungan melalui gerakan penanaman satu milyar pohon.. “Tahun ini UII mengajak mahasiswa baru menanam 1 pohon, kurang lebih totalnya 5.043 pohon,” ungkapnya .

3. Pencemaran Laut

Pencemaran laut merupakan suatu peristiwa masuknya material pencemar seperti partikel kimia, limbah industri, limbah pertanian dan perumahan, ke dalam laut, yang bisa merusak lingkungan laut. Material berbahaya tersebut memiliki dampak yang bermacam-macam dalam perairan. Ada yang berdampak langsung, maupun tidak langsung.
Sebagian besar sumber pencemaran laut berasal dari daratan, baik tertiup angin, terhanyut maupun melalui tumpahan. Salah satu penyebab pencemaran laut adalah kapal yang dapat mencemari sungai dan samudera dalam banyak cara. Misalnya melalui tumpahan minyak, air penyaring dan residu bahan bakar. Polusi dari kapal dapat mencemari pelabuhan, sungai dan lautan. Kapal juga membuat polusi suara yang mengganggu kehidupan organisme perairan, dan air dari balast tank yang bisa mempengaruhi suhu air sehingga menganggu kenyamanan organisme yang hidup dalam air.

4. Pencemaran/Folusi Udara

Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik, kimia atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan, mengganggu estetika dan kenyamanan, atau merusak properti.  (sumber: wikipedia)
Di Indonesia tingkat pencemaran sangat memprihatinkan. Bahkan salah satu studi melaporkan bahwa Indonesia menjadi negara dengan tingkat polusi udara tertinggi ketiga di dunia. World Bank juga menempatkan Jakarta menjadi salah satu kota dengan kadar polutan/partikulat tertinggi setelah Beijing, New Delhi dan Mexico City.
Di Indonesia sendiri, sebagaimana data yang dipaparkan oleh Pengkajian Ozon dan Polusi Udara Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Jawa Barat menduduki peringkat polusi udara tertinggi di Indonesia.

5. Punahnya Hewan Langka

Burung Asli Indonesia yang Terancam PunahHewan Langka Terancam Punah di Indonesia berisi informasi mengenai hewan hewan langka yang ada di indonesia beserta habitatnya dan asalnya untuk mendapatkan keterangan yang pasti, keanekaragaman flora dan fauna diindonesia adalah kekayaan alam yang tidak ternilai  dari sebuah keaneka ragaman hayati yang kita miliki, populasi hewan menjadi faktor terpenting untuk kelestarian alam yang ada di indonesia untuk menjaga keseimbangan alam dalam sebuah rantai makanan pada hewan, populasi hewan langka yang ada di indonesia mengalami penurunan yang signifikan hal ini dipicu oleh terjadinya kerusakan hutan yang cukup memprihatinkan ditambah sebagian ulah manusia yang mengekplotasi hewan langka menjadi bahan buruan untuk diperjual belikan di pasar gelap yang menyebabkan semakin bertambahnya hewan langka yang ada di indoneisa dan berikut adalah :


Share this article :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. mediaNet - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger